PROPOSAL BUSSINES PLAN “MISKEY.CO”

 

PROPOSAL BUSSINES PLAN

RENCANA BISNIS FASHION WANITA

“MISKEY.CO”

 






DOSEN PENGAMPU

SURYONO, S.PD., M.PD.

 

OLEH:

KHALDA SALSABILA MAIZAR PUTRI

1800030014

 

 

 

 

PRODI ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS SASTRA, BUDAYA, DAN KOMUNIKASI

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

2021

 


 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Hidup menuntut kita untuk dapat beradaptasi serta mengharuskan kita agar mampu untuk bertahan, ditengah tingginya kejolak yang terus datang setiap harinya. Bisnis merupakan satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan potensi dan passion yang kita miliki, sehingga dapat menghasilkan materi yang bermanfaat untuk keberlangsungan hidup kita. Berbagai peluang bisnis kini sangatlah beragam, tinggal bagaimana kita mampu untuk melihat peluang. Bisnis fashion menjadi salah satu pilihan bisnis, karena memiliki peluang yang besar ditengah perkembangan zaman yang pesat.

Bisnis fashion seakan tidak pernah mati, karena bisa kita lihat perkembangan fashion dunia. Setiap tahun bahkan setiap harinya mengalami perkembangan  dan perubahan. Penikmat fashion juga semakin hari semakin  bertambah, terutama bagi wanita. Pada dasarnya fashion juga tidak terbatas oleh gender, namun pada kesempatan kali ini, proposal ini akan membahas mengenai fashion wanita.

Fashion wanita memiliki pasar yang sangat besar, ditambah dengan sangat mudahnya untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Online shopping semakin hari semakin berkembang pesat, oleh karenanya peluang yang terbuka pun menjadi besar. Proposal ini merupakan sebuah bussines plan, yaitu fashion wanita yang dipasarkan melalui sosial media.

Dewasa ini meskipun bisnis fashion wanita menjadi peluang yang menjajikan, juga masih banyak yang kurang beruntung. Oleh karena itu, perlunya persiapan dan pemikiran yang matang, agar mampu untuk bersaing. Proposal ini akan menjelaskan mengenai produk fashion dari brand fashion Miskey. Co. Dengan produk pertamanya adalah midi skirt yanng dapat digunakan oleh non hijab dan hijabers.

 

B.     Visi

Menjadikan “Miskey. Co” sebagai brand fashion wanita dengan  menghadirkan produk yang nyaman, fashionable, dan mampu untuk memancarkan aura kebahagian bagi yang menggunakannya.

C.    Misi

1.      Mengutamakan kualitas produk.

2.      Berorientasi terhadap kepuasan customer.

3.      Memberikan ide-ide dan inovasi terbaru ke setiap produk.

4.      Memperluas dan mengembangkan usaha hingga mampu untuk menghadirkan lapangan  kerja bagi masyarakat.

 

D.    Maksud dan  Tujuan Kegiatan Usaha

Adapun maksud dan tujuan dari bisnis ini adalah sebagai berikut :

1.      Mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya, baik secara materi maupun dari segi branding merek dan produk di sosial media.

2.      Menciptkan produk yang di sukai oleh konsumen namun tetep selaras dengan konsep yang diusung oleh “Miskey. Co”.

3.      Menjadikan produk yang digunakan menjadikan customer menjadi fashionable.

4.      Menghadirkan produk yang mampu mengimplementasikan kepribadian dari customer.

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

A.    Profil

1.      Nama usaha                                   : Online shop fashion wanita

2.      Merek                                            : Miskey. Co

3.      Jenis Produk                                  : Midi Skirt

4.      Bidang usaha (Barang/ jasa)         : Barang

5.      Pemilik                                          : Khalda Salsabila Maizar Putri

6.      Alamat                                          : Jl. Pangeran Wirosobo, Umbulharjo, DIY

7.      Contact person                              : +62852 2575 3192

8.      Sosial media                                 

a.       Instagram                          : Miskey.Co

b.      Blogger                             : Khaldasalsabila

c.       YouTube                           : Khalda Salsabila

B.     Strategi Pasar

1.      Segmenting

a.       Demografis

Miskey. Co sebagai brand fashion wanita menargetkan pasar rentang usia 15 sampai 25 tahun, dengan jenis kelamin wanita, serta di tujukan bagi remaja putri tingkat pendidikan SMA hingga ke dewasa muda yang memiliki jiwa fashion yang tinggi.

b.      Psikografis

Dalam hal ini Miskey. Co menargetkan pasar kepada tingkat sosial menengah keatas, dengan gaya hidup yang modern yang memahami trend fashion. Kepripadian girly atau feminim akan mendominasi dari target pasar.

c.       Perilaku

Midi skirt dari Miskey. Co sangat cocok dikenakan dalam berbagai situasi apapun. Baik itu ketika ingin dikenakan secara casual maupun secara formal. Midi skirt ini sangat cocok untuk dipadu padankan dengan outft apapun. 

 

2.      Targeting

Target dari bisnis adalah remaja hingga dewasa muda putri, dimana segmen ini memiliki peluang yang sangat besar dan prospek yang menjanjikan. Karena berdasarkan fakta-fakta di lapangan banyak ditemukannya tingginya minat belanja pada segmen ini.

3.      Positioning

Produk midi skirt yang di produksi oleh Miskey. Co memiliki ciri khas tersendiri. Diharapkan bahwa customer dapat memandang midi skirt dari Miskey. Co sebagai sebuah produk yang mampu mengekspresikan kepribadian yang memakainya.

C.     Analisis Kelayakan Usaha ATM+1

1.      Kelebihan

Kelebihan yang dimiliki oleh produk dari Miskey. Co ini adalah dari segi bentuk produk yang unik. Dimana masih belum banyak orang yang percaya diri untuk menggunakannya di Indonesia. Midi Skirt sudah menjadi fashion item yang sering digunakan oleh para wanita di luar negeri yang rata-rata tidak berhijab. Kini Miskey. Co hadir untuk memperkenalkan Midi Skirt sebagai produk yang cantik da cocok digunakan bagi yang berhijab maupun non hijab.

 

2.      Kelemahan

Kelemahannya terletak pada masih banyak wanita yang masih merasa kurang percaya diri untuk mengggunakan midi skirt, karena cuttingan nya yang pendek. Berbeda dengan skirt pada umumnya.

 

3.      Peluang

Perkembangan teknologi yang pesat, membuat peluang midi skirt untuk menjadi trend fashion. Karena masih belum banyak yang menggunakan, sehingga peluang yang terbuka menjadi sangat lebar untuk menarik hati customer.

 

4.      Ancaman

a.       Bahan dasar yang ketersediaan stoknya tidak pasti.

b.      Produk yang belum terlalu familiar di masyarakat.

c.       Belum mendapatkan kepercayaan dari customer.

d.      Brand terkenal memproduksi produk serupa.


BAB III

MANAJEMEN PRODUKSI

 

A.    Proses Produksi

1.      Riset dan survei desain produk

2.      Menentukan dasar bahan kain produk

3.      Memilih dan menentukan ornamen pendukung

4.      Proses penjaitan produk

5.      Finishing

6.      Packaging

B.     Bahan-Bahan

1.      Kain

C.     Alat dan Perlengkapan Tambahan

1.      Kancing

2.      Resleting

3.      Mutiara

D.    Biaya Lain-Lain

Packaging

1.      Kotak kardus

2.      Stiker

3.      Kertas tisu

4.      Stempel logo

E.     Cara Membuat

1.      Tentukan pola dan model midi skirt

2.      Jahit

3.      Finishing, merapikan sisa jahitan.

 

 

 

BAB IV

RENCANA BIAYA

A.    Modal dan Pemasukan

Modal utama dari bisnis ini, pure dari dana pribadi, dengan rincian:

No

Modal

Jumlah

1.

Dana pribadi

Rp. 2.000.000

 

Bahan yang dibutuhkan

NO

Bahan yang dibutuhkan

Jumlah

Harga

1.

Kain

1 Roll

Rp. 500.000

2.

Upah Jahit

10 rok

Rp. 300.000

3.

Packaging

10 Kotak

Rp. 200.000

 

B.     Perhitungan Harga Jual

Perencanaan harga jual dari midi skirt ini :

Rp 105.000

C.     Perhitungan Laba atau Rugi

Harga pokok penjualan :

Persediaan awal          Rp 2.000.000

Pembelian                    Rp 5.000.000 – (+)

Barang yang tersedia untuk dijual                  Rp. 4.000.000

Persediaan akhir                                              Rp. 1.000.000

 

 

 

 

 

BAB V

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Bussiness plan merupakan sebuah acuan dan perencanaan dalam membangun sebuah bisnis. Proposal ini mengusung bisnis fashion wanita dengan produk midi skirt. Tujuannya agar para wanita lebih mampu untuk menghargai dan mampu untuk mengungkapkan kepribadiannya melalui fashionn yang dikenakan.

B.     Contoh Desain Produk

                                     

    

                                                                     Non Hijab


                 

                                                                     Hijabers



 

Logo Brand



Lampiran

 

A.    Foto

                                       

 


                                        

 

 


 





 

B.     Video

Link video https://www.youtube.com/watch?v=nSkAQ3dezD4

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan Populer