PROPOSAL BUSSINES PLAN “MISKEY.CO”
PROPOSAL BUSSINES PLAN
RENCANA BISNIS FASHION WANITA
“MISKEY.CO”
DOSEN PENGAMPU
SURYONO, S.PD., M.PD.
OLEH:
KHALDA SALSABILA MAIZAR PUTRI
1800030014
PRODI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS SASTRA, BUDAYA, DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
2021
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Hidup menuntut kita untuk dapat
beradaptasi serta mengharuskan kita agar mampu untuk bertahan, ditengah
tingginya kejolak yang terus datang setiap harinya. Bisnis merupakan satu cara
yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan potensi dan passion yang kita
miliki, sehingga dapat menghasilkan materi yang bermanfaat untuk
keberlangsungan hidup kita. Berbagai peluang bisnis kini sangatlah beragam,
tinggal bagaimana kita mampu untuk melihat peluang. Bisnis fashion menjadi
salah satu pilihan bisnis, karena memiliki peluang yang besar ditengah
perkembangan zaman yang pesat.
Bisnis fashion seakan tidak pernah mati,
karena bisa kita lihat perkembangan fashion
dunia. Setiap tahun bahkan setiap harinya mengalami perkembangan dan perubahan. Penikmat fashion juga semakin hari semakin
bertambah, terutama bagi wanita. Pada dasarnya fashion juga tidak
terbatas oleh gender, namun pada kesempatan kali ini, proposal ini akan
membahas mengenai fashion wanita.
Fashion wanita memiliki pasar yang
sangat besar, ditambah dengan sangat mudahnya untuk mendapatkan barang yang
diinginkan. Online shopping semakin
hari semakin berkembang pesat, oleh karenanya peluang yang terbuka pun menjadi
besar. Proposal ini merupakan sebuah bussines
plan, yaitu fashion wanita yang
dipasarkan melalui sosial media.
Dewasa ini meskipun bisnis fashion
wanita menjadi peluang yang menjajikan, juga masih banyak yang kurang
beruntung. Oleh karena itu, perlunya persiapan dan pemikiran yang matang, agar
mampu untuk bersaing. Proposal ini akan menjelaskan mengenai produk fashion
dari brand fashion Miskey. Co. Dengan produk pertamanya adalah midi skirt yanng dapat digunakan oleh
non hijab dan hijabers.
B.
Visi
Menjadikan “Miskey. Co” sebagai brand fashion wanita dengan menghadirkan produk yang nyaman, fashionable, dan mampu untuk memancarkan
aura kebahagian bagi yang menggunakannya.
C.
Misi
1. Mengutamakan
kualitas produk.
2. Berorientasi
terhadap kepuasan customer.
3. Memberikan
ide-ide dan inovasi terbaru ke setiap produk.
4. Memperluas
dan mengembangkan usaha hingga mampu untuk menghadirkan lapangan kerja bagi masyarakat.
D.
Maksud
dan Tujuan Kegiatan Usaha
Adapun
maksud dan tujuan dari bisnis ini adalah sebagai berikut :
1. Mendapatkan
keuntungan yang sebanyak-banyaknya, baik secara materi maupun dari segi branding merek dan produk di sosial
media.
2. Menciptkan
produk yang di sukai oleh konsumen namun tetep selaras dengan konsep yang
diusung oleh “Miskey. Co”.
3. Menjadikan
produk yang digunakan menjadikan customer
menjadi fashionable.
4. Menghadirkan
produk yang mampu mengimplementasikan kepribadian dari customer.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Profil
1. Nama
usaha :
Online shop fashion wanita
2. Merek :
Miskey. Co
3. Jenis
Produk :
Midi Skirt
4. Bidang
usaha (Barang/ jasa) : Barang
5. Pemilik :
Khalda Salsabila Maizar Putri
6. Alamat : Jl.
Pangeran Wirosobo, Umbulharjo, DIY
7. Contact
person :
+62852 2575 3192
8. Sosial
media
a. Instagram : Miskey.Co
b. Blogger : Khaldasalsabila
c. YouTube : Khalda Salsabila
B. Strategi Pasar
1. Segmenting
a. Demografis
Miskey.
Co sebagai brand fashion wanita
menargetkan pasar rentang usia 15 sampai 25 tahun, dengan jenis kelamin wanita,
serta di tujukan bagi remaja putri tingkat pendidikan SMA hingga ke dewasa muda
yang memiliki jiwa fashion yang
tinggi.
b. Psikografis
Dalam
hal ini Miskey. Co menargetkan pasar kepada tingkat sosial menengah keatas,
dengan gaya hidup yang modern yang
memahami trend fashion. Kepripadian girly atau feminim akan mendominasi dari
target pasar.
c. Perilaku
Midi skirt dari Miskey. Co sangat cocok dikenakan dalam berbagai situasi apapun. Baik itu ketika ingin dikenakan secara casual maupun secara formal. Midi skirt ini sangat cocok untuk dipadu padankan dengan outft apapun.
2. Targeting
Target
dari bisnis adalah remaja hingga dewasa muda putri, dimana segmen ini memiliki
peluang yang sangat besar dan prospek yang menjanjikan. Karena berdasarkan
fakta-fakta di lapangan banyak ditemukannya tingginya minat belanja pada segmen
ini.
3. Positioning
Produk midi
skirt yang di produksi oleh Miskey. Co memiliki ciri khas tersendiri.
Diharapkan bahwa customer dapat
memandang midi skirt dari Miskey. Co sebagai sebuah produk yang mampu
mengekspresikan kepribadian yang memakainya.
C. Analisis Kelayakan Usaha ATM+1
1. Kelebihan
Kelebihan
yang dimiliki oleh produk dari Miskey. Co ini adalah dari segi bentuk produk
yang unik. Dimana masih belum banyak orang yang percaya diri untuk
menggunakannya di Indonesia. Midi Skirt sudah menjadi fashion item yang sering
digunakan oleh para wanita di luar negeri yang rata-rata tidak berhijab. Kini
Miskey. Co hadir untuk memperkenalkan Midi Skirt sebagai produk yang cantik da
cocok digunakan bagi yang berhijab maupun non hijab.
2. Kelemahan
Kelemahannya
terletak pada masih banyak wanita yang masih merasa kurang percaya diri untuk
mengggunakan midi skirt, karena cuttingan nya yang pendek. Berbeda dengan skirt
pada umumnya.
3. Peluang
Perkembangan
teknologi yang pesat, membuat peluang midi skirt untuk menjadi trend fashion.
Karena masih belum banyak yang menggunakan, sehingga peluang yang terbuka
menjadi sangat lebar untuk menarik hati customer.
4. Ancaman
a. Bahan
dasar yang ketersediaan stoknya tidak pasti.
b. Produk
yang belum terlalu familiar di masyarakat.
c. Belum
mendapatkan kepercayaan dari customer.
d. Brand
terkenal memproduksi produk serupa.
BAB III
MANAJEMEN PRODUKSI
A. Proses Produksi
1. Riset
dan survei desain produk
2. Menentukan
dasar bahan kain produk
3. Memilih
dan menentukan ornamen pendukung
4. Proses
penjaitan produk
5. Finishing
6. Packaging
B. Bahan-Bahan
1. Kain
C. Alat dan Perlengkapan Tambahan
1. Kancing
2. Resleting
3. Mutiara
D. Biaya Lain-Lain
Packaging
1. Kotak
kardus
2. Stiker
3. Kertas
tisu
4. Stempel
logo
E. Cara Membuat
1. Tentukan
pola dan model midi skirt
2. Jahit
3. Finishing,
merapikan sisa jahitan.
BAB IV
RENCANA BIAYA
A. Modal dan Pemasukan
Modal
utama dari bisnis ini, pure dari dana pribadi, dengan rincian:
No |
Modal |
Jumlah |
1. |
Dana pribadi |
Rp. 2.000.000 |
Bahan
yang dibutuhkan
NO |
Bahan yang dibutuhkan |
Jumlah |
Harga |
1. |
Kain |
1 Roll |
Rp. 500.000 |
2. |
Upah Jahit |
10 rok |
Rp. 300.000 |
3. |
Packaging |
10 Kotak |
Rp. 200.000 |
B. Perhitungan Harga Jual
Perencanaan harga jual
dari midi skirt ini :
Rp 105.000
C. Perhitungan Laba atau Rugi
Harga
pokok penjualan :
Persediaan awal Rp 2.000.000
Pembelian Rp 5.000.000 – (+)
Barang yang tersedia
untuk dijual Rp.
4.000.000
Persediaan akhir Rp.
1.000.000
‘
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Bussiness plan merupakan sebuah acuan
dan perencanaan dalam membangun sebuah bisnis. Proposal ini mengusung bisnis
fashion wanita dengan produk midi skirt. Tujuannya agar para wanita lebih mampu
untuk menghargai dan mampu untuk mengungkapkan kepribadiannya melalui fashionn
yang dikenakan.
B. Contoh Desain Produk
Hijabers
Lampiran
A. Foto
B. Video
Link
video https://www.youtube.com/watch?v=nSkAQ3dezD4
Komentar
Posting Komentar